LKPI dan TNI

18

LKPI dan TNI siap Bekerjasama dalam mendukung
Program Kemaritiman

Dalam Rapat Koordinasi antara Jajaran Pengurus LKPI Pusat dengan Pejabat Tinggi di Lingkunang Mabes TNI Cilangkap beberapa Waktu yang lalu telah berlangsung dengan lancar dalam suasana kekeluargaan dalam membicarakan kerjasama dan dukungan terhadap Program Pemerintah di Bidang Kemaritiman.

Dalam pada itu DR. Ayub Faidiban, SH, MBA selaku Direktur Eksekutif LKPI Pusat yang juga sebagai Panglima Laut Nelayan Indonesia bahwa dalam kiprahnya selama ini LKPI telah bersinergi dengan pemerintah dalam hal ini dengan stakeholder terkait untuk menjalanknan program-program di Bidang Kemaritiman. Salah satu program yang telah dijalankan dalam Program Perlindungan dan Keselamatan Nelayan di pulau-pulau kecil dan terluar . Contoh Program ini telah dilaksakan melalui Sosialisasi kepada masyarakat nelayan khusus di pulau Serak dan sekitarnya . Masyarakat nelayan di Pulau serak telah mengalami kekerasan bertahun tahun dari Para Penjahat Laut atau Perompak kemudian mereka diusir keluar dari Pulau Serak bersama semua anggota Keluarga. Bahwa Pulau tersebut di jadikan sebagai lokasi transaksi illegal.

Kegiatan sosialisasi ini berjalan lancar dan diikuti oleh Bakamla Zona Maritim Barat, TNI Angkatan Laut, Polair Polda Kepri, Basarnas Kepri, Dinas Kelautan dan Perikanan, Pejabat Pemda dari tingkat Provinsi sampai dengan Desa atau Kelurahan. Masrakat sangat antusias dan berterima kasih kepada LKPI yang telah menginisiasi kegiatan ini. Akhir dari kegiatan ini telah disepakati bersama bahwa akan dibangun pos pengamanan bersama dan kegiatan Patroli bersama di wilayah pulau serak. Demikian ditambahkan oleh Bapak Ayub.

26
27
28
29

Lebih lanjut dijelaskan oleh P.Law E, Wakil Sekretaris Jenderal LKPI Pusat, bahwa LKPI juga memiliki Program NELAYAN TANGGUH. Program untuk Nelayan kecil atau Nelayan Tradisional di Pulau-pulau kecil dan terluar. Program ini difokuskan pada Diklat Pemberdayaan Nelayan untuk memperoleh persyaratan dasar sebagai pelaut, Penyuluhan Budidaya Perikanan dan Teknologi Penangkapan Ikan, Sosialisasi berkelanjutan Perlindungan dan Keselamatan Nelayan, serta perlindungan dan kerjasama dengan instansi keamanan terkait dalam menjaga Batas Laut Negara karena nelayan sebagai salah satu garda terdepan yang selalu mengawasi situsi laut pada wilayah terluar.

Pada akhir pertemuan ini pihak Mabes TNI Cilangkap memberikan apresiasi kepada LKPI atas segala kinerjanya dan berharap agar segera segera ditindaklanjuti kerjasama antara TNI dan LKPI yang dapat dituangkan dalam sebuah Perjanjian Kerjasama atau MOU (Sumber Berita : Setjen LKPI Pusat)

30
31

Comments are closed.